MENGATUR KONDISI AIR UNTUK IKAN GUPPY

Ikan guppy yang sehat adalah ikan guppy yang perwatannya sangat terjamin. Baik dari segi pemberian pakan maupun dengan mengatur kualitas dari air sebagai media hidup ikan guppy.

Mengatur kondisi air untuk Ikan Guppy - Guppy adalah ikan kecil yang ramah yang dapat ditemukan di sebagian besar akuarium toko ikan hias dan sering direkomendasikan untuk penghobi ikan hias pemula meskipun ada banyak ikan hias yang lebih cocok bagi pemula selain ikan Guppy.

Salah satu alasan bagi saya untuk mengatakan bahwa ikan Guppy tidak benar-benar cocok untuk pemula adalah kenyataan bahwa ikan Guppy mudah mengundang penyakit jika mereka tidak diberi kondisi yang tepat.

Contoh dari fakta bahwa ikan Guppy hitam dapat dengan mudah dipenuhi dengan ich (White spot) merupakan penyakit ikan yang disebabkan oleh parasit, yang telah membuat orang merekomendasikan memelihara Guppy hitam dan Guppy lainnya di air payau. Meskipun ikan ini kebanyakan ditemukan di lingkungan air tawar di alam liar. (Parasit yang menyebabkan ich tidak mentolerir garam.)

Untuk mengkondisikan air tawar menjadi air payau kita harus memahami perihal air payau, Air payau adalah campuran antara air tawar dan air laut (air asin). Jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air adalah antara 0,5 sampai 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun jika lebih, disebut air asin. saran saya gunakan 0,5 gram / liter untuk penanggulangan.

Semua ikan Guppy memilik kerabat Mollienesia, Ada 5 spesies ikan Guppy yang berbeda di alam liar, seperti Guppy emas dan Guppy hitam, Guppy balon dan jenis lainnya. 

(Hampir) semua ikan Guppy yang dijual di akuarium toko-toko ikan hias adalah hibrida (persilangan) antara Guppy yang berbeda dan bahkan Guppy yang dijual sebagai spesies tertentu bisa dikatakan selalu hibrida. Jika Anda ingin ikan Guppy murni Anda harus memperoleh spesimen Guppy yang ditangkap di alam liar.

Ikan Guppy berhubungan erat dengan ikan Molly dan dapat dirawat dalam banyak cara yang sama. Di alam liar, masing-masing spesies ditemukan dalam berbagai biotop yang berbeda namun sebagian besar habitatnya menempati lingkungan yang memiliki aliran air yang bergerak lambat dan suhu yang hangat. 

Kondisi air yang ideal untuk menjaga semua jenis spesies ikan Guppy sekitar pH 7,5-8,0, 15-30˚dH dan 25-27˚C (77-82˚F). Mereka menerima berbagai variasi kondisi dan suhu air jauh lebih rendah, tetapi mereka tampaknya melakukan yang terbaik dalam kondisi tersebut di atas.

Populasi liar dari Guppy jarang ditemukan di air payau. Ada daerah di mana ikan Guppy telah diperkenalkan pada air payau dan bahkan air laut dan bisa berkembang biak.

Ikan Guppy sensitif terhadap stres dan tidak bisa dipelihara di akuarium bersama dengan ikan yang agresif atau sangat aktif yang bisa membuat mereka tertekan. Ikan ini cukup nyaman dengan semua jenis ikan lainnya yang hampirsama dengan ikan Guppy pada umumnya bisa direkomendasikan

baca Juga ;



untuk pemula. Saya tidak merekomendasikan memelihara Guppy dengan spesies ikan besar / ikan agresif. Akuarium di mana Anda memelihara ikan Guppy, secara teori harus berkapasitas setidaknya 90 liter. 

Tapi saya sendiri menggunakan akuarium kapasitas 75 liter dan masih oke hingga sekarang, serta beri dekorasi untuk mengurangi stres. Ini berarti terdapat daerah yang ditanami vegetasi padat dan juga diberi area terbuka di mana ikan bisa berenang.

Pejantan bisa membuat betina menjadi stres dengan mengejar mereka dan terlalu agresif ketika pejantan mencoba untuk kawin dengan betina, dan karena itu penting bagi betina dapat bersembunyi dari jantan. Vegetasi yang lebat juga meningkatkan kemungkinan burayak bisa selamat dan bertahan dalam tangki penampungan.

Mengganti sekitar 20% air setiap minggu dan mencoba untuk menjaga kualitas air sebaik mungkin.

Hal ini sering direkomendasikan untuk menambahkan garam ke air dalam akuarium yang berisi Guppy, dan meskipun ini bisa jadi tidak perlukan. Penggaraman akan memiliki beberapa manfaat. 

Salah satunya adalah bahwa garam mengurangi toksisitas nitrat dan nitrit; keuntungan lainnya bahwa banyak penyakit akuarium air tawar dan parasit tidak mentolerir garam dan tidak akan menginfeksi ikan Anda jika ada garam di dalam air.

Jika Anda menggunakan garam laut juga mengandung garam yang meningkatkan kekerasan air dan nilai pH yang mungkin membuat air lebih cocok untuk Guppy jika Anda tinggal di daerah di mana air sedikit terlalu tawar / asam untuk membuat Guppy berkembangbiak dengan baik dan memberikan Guppy lingkungan yang mereka inginkan.

Baca Juga ;

0 Response to "MENGATUR KONDISI AIR UNTUK IKAN GUPPY"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close
   
       
loading...